Perayaan HUT ILMPI V di Sumatera


Tanggal 26 Januari setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ulang Tahun ILMPI. ILMPI Wilayah I (Sumatera) turut serta dalam memeriahkan perayaan HUT ILMPI yang ke-5. HUT ILMPI yang ke-5 ini mengusung tema Sejuta Balon Untuk Anak Indonesia. Di Sumatera, Perayaan HUT ILMPI yang ke-5 dilaksanakan di tujuh provinsi yang berbeda, mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung. Konsep awal dari perayaan HUT ILMPI di Sumatera yaitu mengadakan lomba mewarnai di tiap-tiap provinsi dan diakhiri dengan membagikan balon gratis. Namun karena terdapat beberapa kendala, di beberapa provinsi hanya membagikan balon gratis sebagai seremonial HUT ILMPI yang ke-5.

Selasa, 26 Januari 2016
Perayaan HUT ILMPI V di Sumatera Utara
Pelaksanaan HUT ILMPI di Sumatera Utara difokuskan di Kota Medan, tepatnya di Yayasan Medan Gemilang Impian (YMGI). Meskipun terhambat oleh waktu libur, namun rekan-rekan ILMPI di Sumatera Utara tetap semangat memeriahkan HUT ILMPI ke-5. Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB, diawali dengan bermain games bersama, membagikan balon, dan ditutup dengan menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Rencana awal pelaksanaan HUT ILMPI ke-5 adalah mengadakan lomba mewarnai dan membagikan balon kepada anak-anak yang ada di YMGI, namun terjadi miss communication antara pihak ILMPI dan pihak YMGI yang pada hari itu juga akan melaksanakan suatu kegiatan. Pihak YMGI mengira bahwa rekan-rekan ILMPI di Medan hanya membagikan balon saja, sehingga waktu yang diberikan hanya 30 menit. Maka pada pelaksanaannya rekan-rekan ILMPI di Sumatera Utara hanya bermain game-game ringan sambil bernyanyi serta membagikan balon gratis.
Perayaan HUT ILMPI V di Sumatera Barat

Pada provinsi Sumatera Barat, perayaan HUT ILMPI dilaksanakan di Desa Sungkai. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Korprov Sumatera Barat dan setelah itu langsung dilanjutkan dengan lomba mewarnai, kegiatan lomba mewarnai berlangsung sangat khitmat, antusiasme dari anak-anak di desa tersebut pun sangat tinggi. Setelah selesai lomba mewarnai dilanjutkan dengan membagi-bagikan balon HUT ILMPI yang ke-5. Perayaan HUT ILMPI yang ke-5 di Desa Sungkai Sumatera Barat ditutup foto bersama para peserta lomba mewarnai.
Perayaan HUT ILMPI V di Riau

Perayaan hari jadi ILMPI  yang berada di provinsi Riau diadakan di Taman Kanak-kanak RA Griya Bina Widya Panam Pekanbaru. Kegiatan ini dihadiri oleh 9 orang panitia serta kurang lebih 45 anak-anak yang didampingi oleh orang tuanya. Acara ini menghadirkan satu narasumber yaitu Muhammad Fuady (Wakil Ketua Badan Legislatif Mahasiswa) untuk memberikan ilmu maupun sebagai pengisi acara dalam perayaan hari jadi ILMPI. Acara dimulai pada pukul 09.15 WIB, diawali dengan tilawah, sambutan Korprov Riau, sambutan Kepala Sekolah RA Griya Bina Widya, hingga akhirnya Muhammad Fuady selaku Wakil Ketua BLM memberikan edukasi tentang psikologi positif. Pada pukul 10.00 WIB, agenda perayaan HUT ILMPI yang ke-5 dilanjutkan dengan lomba mewarnai. Lomba mewarnai berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Setelah selesai lomba mewarnai, rekan-rekan ILMPI di Riau membagikan balon kepada anak-anak tersebut. Tidak hanya itu, rekan-rekan ILMPI di Riau juga telah mempersiapkan kue ulang tahun, sehingga acara selanjutnya yaitu memotong kue sambil menyanyikan lagu selamat ulang tahun. Acara terakhir yaitu pengumuman pemenang lomba mewarnai. Acara ditutup dengan membagikan bingkisan kado kepada anak-anak yang hadir dalam perayaan HUT ILMPI yang ke-5 di TK RA Griya Bina Widya Panam Pekanbaru.

Perayaan HUT ILMPI V di Jambi
Perayaan HUT ILMPI ke-5 di provinsi Jambi dimulai pukul 09:00 WIB di TK IT An-Nahl, kota Jambi. Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam dan diikuti oleh 50 anak. Perayaan ini dihadiri oleh pengurus ILMPI periode 2015-2016 dan 2016-2017 serta Koordinator Wilayah I ILMPI periode 2016-2017. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah TK An-Nahl, dilanjutkan dengan sambutan dan pengenalan  dari teman-teman ILMPI yang disampaikan oleh Koordinator Wilayah I ILMPI periode 2016-2017. Kemudian berlanjut dengan pengenalan dengan adik-adik di TK An-Nahl. Acara selanjutnya yaitu kegiatan mewarnai sambil mengajak mereka bercerita mengenai gambar yang mereka warnai. Setelah semua anak-anak menyelesaikan gambar mereka, balon pun dibagikan. Keceriaan wajah-wajah mungil mereka tergambar dengan jelas, gelak tawa dan lakon mereka yang lucu sontak menjadi obat penghilang lelah teman-teman ILMPI Jambi. Kontribusi nyata kepada masyarakat inilah yang kian membuat semangat teman-teman ILMPI terus bersinergi untuk mewujudkan indonesia tersenyum bersama psikologi. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan pembuatan video ucapan selamat ulang tahun ILMPI.

Pada provinsi Sumatera Selatan, pelaksanaan HUT ILMPI mengalami sedikit kendala karena padatnya jadwal kuliah rekan-rekan di Universitas Sriwijaya serta masih liburnya rekan-rekan di UIN Raden Fatah dan Universitas Bina Darma, sehingga rencana perayaan HUT ILMPI yang awalnya akan di adakan di SLB YPAC Palembang harus dibatalkan. Akan tetapi semangat rekan-rekan ILMPI
Perayaan HUT ILMPI V di Sumatera Selatan
di Sumatera Selatan tidak surut, untuk menyikapi hal tersebut perayaan HUT ILMPI di bagi menjadi dua lokasi, yaitu di Palembang dan Indralaya dengan membagikan balon gratis. Perayaan HUT ILMPI di Indralaya di laksanakan di SDN 02 Indralaya pada pukul 09.45 WIB. Karena surat izin pelaksanaan yang dibuat adalah untuk SLB YPAC, maka rekan-rekan ILMPI di Indralaya meminta izin terlebih dahulu kepada Kepala SDN 02 Indralaya. Pihak sekolah berharap seluruh siswanya mendapatkan balon yang akan diberikan, akan tetapi jumlah balon yang tersedia hanya sebanyak 30 buah. Untuk mensiasati hal tersebut, balon hanya diberikan kepada anak-anak yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh rekan-rekan ILMPI di Indralaya. Acara ditutup dengan foto bersama dan penyerahan bingkisan kepada pihak SDN 02 Indralaya. Di Palembang perayaan HUT ILMPI dilaksanakan di Benteng Kuto Besak pada pukul 15.30 WIB, namun karena cuaca yang tidak bersahabat, rekan-rekan ILMPI di Palembang harus berteduh dari derasnya guyuran hujan. Setelah hujan reda, rekan-rekan ILMPI di Palembang bergegas membagikan balon, sayangnya tidak dijumpai banyak anak di Benteng Kuto Besak, sehingga rekan-rekan ILMPI di Palembang harus pindah tempat ke Kambang Iwak Park.

Perayaan HUT ILMPI V di Lampung
Selanjutnya yaitu perayaan HUT ILMPI di provinsi Lampung. Animo rekan-rekan ILMPI di provinsi Lampung tidak kalah dengan beberapa provinsi lainnya di pulau Sumatera, rekan-rekan ILMPI di provinsi Lampung membagikan balon gratis kepada anak-anak PAUD sebagai seremonial HUT ILMPI yang ke-5.





Minggu, 31 Januari 2016
Perayaan HUT ILMPI V di Aceh
Di provinsi Aceh, HUT ILMPI dilaksanakan pada hari minggu, 31 Januari 2016. Sedikit berbeda dengan yang dilakukan oleh rekan-rekan ILMPI di beberapa provinsi di Sumatera. Pada pukul 09.30 WIB rekan-rekan ILMPI di Aceh berkumpul bersama di Museum Tsunami Banda Aceh. Agenda diawali dengan ramah tamah antar anggota ILMPI di Aceh, kemudian pemaparan tentang hasil Muskerwil VI yang dilaksanakan di Jambi beberapa pekan yang lalu. Untuk memeriahkan HUT ILMPI ke-5, rekan-rekan ILMPI di Aceh membuat kue thimpan yang merupakan panganan khas Aceh. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan membuat video ucapan selamat ulang tahun ILMPI.



Seperti itulah perayaan HUT ILMPI di beberapa provinsi di Sumatera. Meskipun terdapat beberapa kendala, namun antusiasme rekan-rekan ILMPI di seluruh provinsi di Sumatera sungguh luar biasa. Tak ada kata yang mampu dituangkan untuk perjuangan rekan-rekan di Sumatera selama menjalankan kegiatan ini. Semoga rekan-rekan ILMPI di Sumatera dapat terus menjalankan program-program kerja luar biasa yang mampu dibanggakan untuk negeri.


Selamat ulang tahun ILMPI
Jangan lelah mengabdi kepada negeri
Meski saat ini kau masih seumur jagung
Namun suatu hari nanti nama mu kan menjadi agung
Tunjukkan langkah nyata
Buktikan dengan karya
Mari kita ciptakan suatu inovasi
Demi mewujudkan Indonesia tersenyum dengan Psikologi


Salam Perjuangan
Koordinator Badan Informasi dan Komunikasi Wilayah I (Sumatera)


Yudha Pratama
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar